Pages

Subscribe:

27 Desember 2010

Umumkan Nilai Tes CPNS Untuk Minimalkan Kecurangan

Meski pengumuman skor tes CPNS belum ada aturannya, namun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB) tetap meminta Pemda sebagai penyelenggara seleksi untuk mengumumkannya. Tujuannya, untuk meminimalkan celah kecurangan dalam proses seleksi CPNS.

“Jadi bukan hanya nama-nama saja yang diumumkan. Sebaiknya disertakan dengan nilai juga,” ujar Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN & RB, Ramli Naibaho, Ahad (26/12).

Menurut Ramli, imbauan itu telah disosialisasikan pada seluruh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan para rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi mitra pemda dalam pelaksanaan penerimaan CPNS.

“Memang di dalam PP belum dicantumkan soal pencantuman nilai tes CPNS. Yang baru diatur itu tentang kewajiban para rektor memasukkan hasil tes CPNS, mulai nomor, nama, nilai serta perangkingan ke BKN juga selain ke Pemda. Ini sebagai gawang pusat untuk menghindari kecurangan di daerah,” tuturnya.Namun mengingat banyaknya kasus kecurangan yang dilakukan Pemda, pemerintah pusat pun meminta untuk mengumumkan nilainya juga. Ramli menambahkan, pihaknya sedang merumuskan grand design untuk penerimaan CPNS. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan ketentuan mengingat di dalam bentuk PP agar Pemda wajib mencantumkan nilai disamping nama serta rangking hasil tes CPNS.

“Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa kita bahas bersama DPR RI, agar ketentuan ini bisa segera ditetapkan dan diberlakukan,” pungkasnya.

Puluhan Ribu Honorer Tertunda jadi PNS
Proses validasi dan verifikasi honorer tertinggal tahap III yang harusnya selesai 3 Desember lalu, ternyata molor. Sampai saat ini, masih ada 28.021 honorer tertinggal yang belum diverifikasi dan divalidasi. Karenanya, ada kemungkinan penyelesaian validasi dan verifikasi honorer tertinggal baru tuntas Januari 2011. “Saya dapat laporan dari kepala BKN, kalau yang baru divalidasi dan verifikasi adalah 124.289 dari target 152.310 orang,” kata Ramli Naibaho.

Menurut Ramli, molornya pendataan ini lebih ke arah teknis. Sebab, tim verifikasi dan validasi terpaksa beberapa kali membatalkan turun ke daerah karena cuaca kurang mendukung. Apalagi, pendataan ini akan menjangkau ke seluruh pelosok.

“Cuaca Desember kan kurang bagus, makanya penerbangan sering delay. Belum lagi yang di daerah kepulauan, tim tidak bisa menjangkaunya karena kapal tidak bisa melakukan pelayaran,” terangnya.

Meski terhalang masalah teknis, namun Ramli menyatakan bahwa pihaknya mengupayakan proses verifikasi dan validasi bisa diselesaikan secepatnya. Hal ini dimaksudkan agar honorer tertinggal yang memenuhi syarat bisa mengikuti proses pemberkasan untuk kemudian diangkat CPNS. “Kalau tidak bisa Desember ini, ya terpaksa sampai Januari,” ujarnya.(esy/jpnn)

Source:http://riaupos.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

(SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

Posting Komentar