Pages

Subscribe:

28 Desember 2010

Pengumuman CPNS Agar Disertai Hasil Nilai

PEKANBARU (RP) – Keinginan dan imbauan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB), yang meminta pemerintah daerah (Pemda) sebagai penyelenggara seleksi penerimaan CPNS untuk mengumumkan hasil tes beserta penilainnya, disambut postif dari kalangan tokoh pendidikan Riau.

Menurut pengamat pendidikan Riau H Djauzak Akhmad, dengan melakukan pengumuman beserta melampirkan hasil penilaian, akan memberikan bukti ketransparanan Pemda terhadap proses perekrutan pelamar serta kepada masyarakat.

‘’Hal ini sepertinya tidak bisa dipungkiri, karena perebutan kursi CPNS yang terbilang panas ini diminati semua pelamar, terlebih lagi menjadi seorang PNS jaminan masa depan dan hari tua terpenuhi serta pendapatan yang pasti,’’ kata Djauzak, Selasa (27/12) di Pekanbaru.
Menurut dia, bekerja di sektor pemerintah dalam hal ini PNS dan karyawan swasta pada saat berbeda sekali, dimana bekerja di lingkungan pemerintah memiliki faktor yang paling dominan dibandingkan dengan swasta. Hal ini banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.

‘’Kita positif thinking saja dalam perekrutan CPNS dan siapa-siapa saja kelak yang diterima, karena dibalik kelulusan dan tidak lulus itu pasti memiliki alasan. Akan tetapi alangkah lebih baiknya penerimaan itu diumumkan beserta nilainya, karena itu memberikan pengaruh yang postif, dan tidak akan timbul dusta diantara kita,’’ kata dia.

Dikatakan dia, sementara ini didalam PP belum dicantumkan soal pencantuman nilai tes CPNS. Yang baru diatur itu tentang kewajiban para rektor memasukkan hasil tes CPNS, mulai nomor, nama, nilai serta perangkingan ke BKN juga selain ke Pemda.

Namun mengingat banyaknya kasus kecurangan yang dilakukan Pemda, pemerintah pusat pun meminta untuk mengumumkan nilainya juga. Jika kabupaten/kota dan provinsi bisa melakukan hal ini (pengumuman hasil) CPNS ini adalah langkah maju, karena menjawab keraguan semua pelamar dan juga masyarakat akan kelulusan.

Belum Diketahui
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Drs Wan Syamsir Yus mengaku belum mengetahui, apakah pengumuman kelulusan CPNS akan dilakukan dengan melampirkan nilai peserta. ‘’Saya belum tahu tentang teknis pengumuman hasil kelulusan CPNS 2010 nanti. Saya belum dapat laporannya,’’ sebut Syamsir, Senin (27/12) di kantornya.

Ditambahkan Syamsir, pihaknya hanya menunggu laporan dari instansi terkait mengenai teknis pengumuman hasil seleksi CPNS yang tesnya sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Ia hanya mendapat kabar bahwa hasil seleksi penerimaan CPNS 2010 akan diumumkan pada 10 Januari mendatang.
Saat ini penilaian hasil tes penerimaan CPNS 2010 masih dilakukan. Pihak dari Universitas Indonesia (UI) sedang melakukan penilaian tes peserta CPNS karena BKD Riau turut melibatkan pihak UI.

‘’Saya belum mendapat laporan dari Badan Kepegawaian Daerah atau BKD Riau. Instansi inilah yang menangani segala hal mengenai pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS. Kami tinggal menerima laporan saja. Apakah nanti dicantumkan pula nilai tesnya saya belum tahu,’’ ungkap Syamsir.
Oleh karena itu, Syamsir mengharapkan masyarakat Riau terutama peserta tes CPNS untuk bersabar sampai hasil tes diumumkan di tahun 2011. Kemudian Syamsir juga menjamin pelaksanaan penerimaan CPNS 2010 tidak dipenuhi unsur KKN.

Di tempat terpisah, Rektor Universitas Riau Prof Dr Ashaluddin Jalil MS menambahkan, imbauan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB) itu telah disosialisasikan pada seluruh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan para rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi mitra pemda dalam pelaksanaan penerimaan CPNS telah dilakukan. Dan selaku pimpinan PTN meyambut baik akan hal itu, dan ini merupakan langkah dari reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah.

‘’Masukan dari kalangan perguruan tinggi adalah agar implementasi dan reformasi birokarasi pemerintah, termasuk dalam hal transparansi dalam penerimaan CPNS,’’ kata Ashaluddin.(*3/mg2/rpg)Source:http://riaupos.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

(SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

Posting Komentar