Pages

Subscribe:

10 November 2011

Kondisi Terbaik Untuk Belajar

Guru – guru yang baik tentu tahu bahwa itu bukanlah cara terbaik dalam belajar. Oleh karena itu, mereka menyiapkan ruang kelas yang menyediakan fasilitas belajar yang menyenangkan. Mereka menggunakan bunga – bunga segar untuk menciptakan aroma dan aneka warna. Mereka menghiasi dinding dengan berbagai poster berwarna, menyuguhkan seluruh poin penting yang harus dipelajari, dalam bentuk kata – kata maupun gambar , karena mereka tahu, proses belajar sangat banyak berlangsungdi pikiran bawah sadar. Siswa menyerap bahan pelajaran tanpa memikirkannya secara sadar.

" Semakin banyak guru yang memanfaatkan music untuk menciptakan suasana yang kondusif di ruang – ruang kelas. Banyak yang menggunakan balon dan gantungan untuk menciptakan suasana yang mirip pesta. "

“Seluruh atmosfirnya harus lah tidak mengancam dan bersahabat” kata Mary Jane Gill, dari Maryland, Amerika, yang pernah menangani pelatihan staf di Bell Atlantic. Teknik – tekniknya dalam kursus belajar cepat berhasil mempersingkat waktu pelatihan sampai 42 persen, bahkan dibeberapa tempat hingga 57 persen. Dan hal pertama yang dilakukan adalah mengubah suasana.

Christer Gudmundsson, seorang guru terkemuka di Swedia, menguatkan. “Suasana sejak siswa – siswa Anda memasuki ruang kelas haruslah benar – benar menyenangkan.”

Mendiang Charles Schmid – seorang perintis metode-metode pengajaran baru dari San Francisco, California - mendapati bahwa music pencipta suasana merupakan salah satu kunci utama untuk mencapai kecepatan belajar setidaknya lima kali lebih baik daripada sebelumnya. “Dan ini dapat diterapkan di mana saja, dari prasekolah sampai seminar bisnis yang mengajarkan teknologi computer.”

Stockwell – seorang pelatih terkemuka dalam pendidikan dan bisnis gaya baru di Eropa, asal Liechtenstein - mengatakan bahwa :

Poster berwarna yang di desain dengan baik itu sangatlah penting . “Slide OHP, slide 35mm, dan flipchart memang bagus,” katanya, ”tetapi poster jauh lebih bagus - dan semuanya harus di pasang di dinding sebelum proses belajar dimulai.

Poster adalah perangsang peripheral. Kehadiaranya yang konstan di ruangan kelas akan menyampaikan muatannya kedalam memori Anda, walaupun Anda tidak menyadarinya.” Dia juga menekankan pentingnya psikologi warna.

”Merah adalah warna peringatan; biru melambangkan kesejukan; kuning warna kecerdasan; hijau dan coklat memiliki efek menentramkan, hangat, dan ramah. Jangan lupa bahwa poster yang efektif dapat membuat kesan yang kuat di dalam memori jangka panjang. Mereka menciptakan gambaran memori yang dapat dipanggil kembali ketika dibutuhkan, walaupun itu tidak pernah dipelajari secara sadar."

Stockwell bahkan membawa kursinya yang didesain khusus – ideal untuk belajar secara rileks – ke seminar yang diadakannya di Amerika Serikat. Berikut ini adalah pelajaran terbaik dari dunia bisnis yang dapat dipelajari oleh seluruh institusi pendidikan:

Nordstrom, sebuah jaringan toko pakaian di Seatle, diambil dalam puluhan seminar manajemen sebagai model layanan yang menguntungkan – dan ia selalu menyediakan bunga segar di kamar pas bagi pembeli.

Setiap perusahaan penerbangan internasional menyambut penumpangnya dengan music lembut – sebelum menayangkan petunjuk keamanan diri. Pergilah ke Hawaii, kota wisata di Pasifik Tengah, dengan paket wisata. Anda akan segera mendapatkan suasana berlibur ketika disambut kalungan bunga.

Kunjungilah Disneyland atau Disneyword. Anda akan segera menemukan kebersihan dan suasana sempurna.

"Ingatlah hal itu ketika Anda mengunjungi sekolah atau seminar perusahaan yang masih menggunakan kursi kayu yang tidak nyaman dan suasana yang dingin, tak hidup, dan sering miskin warna".

Sumber: Gordon Dryden & Dr. Jeannette Vos, The Learning Revolution: To Change the World Learns, The Learning Web, Selandia Baru, 1999. Edisi Terjemahan - Kaifa, Bandung, 2001.

0 komentar:

Posting Komentar