Pages

Subscribe:

16 Desember 2010

7 Cara Menjadi Pribadi Kreatif

Tidak semua orang terlahir kreatif secara alami. Tapi jangan khawatir, kreativitas itu dapat dibentuk dan diasah. Ikuti petunjuk berikut ini.

  1. Langkah pertama yang paling penting adalah meyakini kalau diri kita kreatif. Katakan pada diri kita sendiri kalau kita bisa menciptakan gagasan baru. Berikan waktu pada diri kita untuk mengeksplorasi pikiran untuk menemukan kemungkinan yang baru.
  2. Tuliskan secara detail masalah yang ingin kita pecahkan. Ini bisa jadi titik awal dalam mencapai tujuan.
  3. Siapkan kertas dan beri waktu pada diri sendiri selama setengah jam untuk menuliskan semua gagasan serta solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Brainstorming memberikan kesempatan pada kita untuk menemukan hal-hal baru. Tuliskan semuanya, tak peduli betapapun bodohnya gagasan yang kita temukan itu.
  4. Setelah selesai, lihat kembali daftar dan perkecil jadi sepuluh besar dari yang paling penting dan menguntungkan. Sepuluh daftar ini merupakan gagasan yang dapat kita wujudkan. Tindakan atau Action merupakan kata pentingnya. Gagasan hanya berupa gagasan sebelum kita berusaha mewujudkannya.
  5. Dengan sepuluh daftar gagasan terbaik ini, ungkapkan pertanyaan: “Bagaimana jika mengimplementasikan solusi ini, apakah akan menyelesaikan masalah dan apakah solusi ini akan memberi keuntungan pada yang lain?”.
  6. Dari latihan ini kita akan belajar mengidentifikasi solusi yang memberikan keuntungan paling banyak. Saring semua gagasan jadi satu atau dua gagasan yang memberikan paling banyak keuntungan.
  7. Sekali lagi hanya tindakan atau action yang membuat pikiran kreatif kita menjadi berguna. Jadi mulailah mewujudkannya.

Hal paling penting yang dapat kita lakukan dalam mencoba jadi kreatif adalah yakin pada kemampuan diri kita sendiri. Tetaplah berpikiran positif dan terus-menerus mengatakan pada diri kita sendiri, “Aku bisa melakukannya“.Source:budhi.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar