Pages

Subscribe:

21 Februari 2010

Ciri-Ciri Proses Pembelajaran, Penilaian dan Penyelenggaraan Sekolah Internasional

Proses Pembelajaran, Penilaian dan Penyelenggaraan  Sekolah Internasional

Menurut  Kir Haryana (2008), proses pembelajaran penilaian, dan penyelenggaraan sekolah internasional harus bercirikan internasional seperti sebagai berikut:

1. Pro-Perubahan, yaitu proses pembelajaran yang mampu menumbuh kembangkan dan mengembangkan daya kreasi, inovasi, nalar, dan ekperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru ( a joy of discovery).

2. Menerapkan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, seperti student centered, reflective learning, active learning, enjoyable dan  joyful learning, cooperative learning, quantum learning, learning revolution, dan contextual learning.

3. Menerapkan proses pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan komunikasi) pada semua mata pelajaran.

4. Proses pembelajaran menggunakan bahasa Inggris, khususnya mata pelajaran sains, matematika dan teknologi.

5. Proses penilaian dengan menggunakan model-model penilaian sekolah unggulan dari negara anggota-anggota OECD dan /atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan.

6 Dalam penyelenggaraannya harus bercirikan standar manajemen internasional, yaitu mengimplementasikan dan meraih ISO 9001 versi 2000 atau sesudahnya dan ISO 14000, dan menjalin hubungan sister school, dengan sekolah bertaraf internasional di luar negeri.

Gambaran sekolah bertaraf internasional ini bisa digunakan guru untuk membangkitkan gairah belajar anak murid agar mengeluarkan kemampuan terbaik untuk menjadi pemain kelas dunia. Karena, kompetisi di era globalisasi semakin ketat dan hebat, dimana penguasaan dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi ciri khasnya.Sumber:www.ronaldorozalino.com

Semoga bermanfaat!!!

0 komentar:

Poskan Komentar